Jumat, 22 April 2016

Review PC Game Sleeping Dog

Review Game Sleeping Dog


"Sensasi bermain GTA dengan parkour sistem dan martial art"

Game GTA atau Grand Theft Auto merupakan salah satu game yang paling sukses disunia. Bagaimana tidak? GTA menawarkan sensasi open-world dengan grafis yang bagus (meski tidak wow seperti Final Fantasy Series) dimana si player bertindak jadi salah satu kelompok gang yang memiliki peran penting.

Story di GTA bisa dibilang simpel dan dari semua game GTA yang telah saya mainkan (GTA 1, 2, San Andreas, Vice City, Cinatown Wars, Liberty City) menurutku ceritanya cukup jelek dan membosankan, saya itu termasuk tipe orang yang butuh story yang bagus untuk membuat bergairah menamatkan suatu Game. Ini gak cuma berlaku bagi Game. Film, anime, dll juga. Jadi sampai sekarang belum ada satupun game GTA yang sudah saya tamatkan (makanya belum pernah ada satupun review tentang GTA). Tapi story bukanlah hal yang jadi nilai utama dalam Game GTA. Sensasi open-world dan kebebasan melakukan semua sesuai keinginan player itulah yang jadi funfactornya.


Pertanyaannya adalah, seperti apakah Game Sleeping Dog itu?
Apakah bisa menandingi GTA?
Mari kita bicarakan sejenak.



Kita mulai dari story. Untuk urusan story Sleeping Dog jelas lebih unggul dari GTA karena memiliki cerita yang menarik, unik dan unpredictable. Story bertempat dihongkong berawal dari player dikejar-kejar polisi yang merupakan misi tutorial. Padahal player sendiri sebenarnya adalah seorang polisi mantan napi yang sedang menyamar dalam misi underground. Nantinya player akan bertemu temannya, menjalankan beberapa misi polisi atau misi preman. Tidak perlu terlalu banyak spoiler. Suatu saat player akan kaget tentang kebenaran yang sesungguhnya.




Untuk urusan gameplay. Gameplay dalam Sleeing Dog memang lebih powerfull, wow, dan greget dibanding semua seri GTA yang pernah saya mainkan. Cuma sistem yang ada menurutku kurang didevelop. Misalkan seperti Martial Art. Itu sistem yang keren dan bagus. Bayangkan aja dalam Game GTA yang biasanya cuma nembak orang-orang atau nabrak orang-orang, sekarang ada sistem yang membuat player bisa fight dengan orang-orang. Anggap saja Game GTA yang didalamnya juga ada elemen Game Fighting. Dalam Sleeping Dog anda bisa, hanya saja Martial Art ini akan jarang digunakan. Karena sepertihalnya GTA yang sebagian besar misi membasmi musuh dengan aksi tembak-tembakan, ledakan dan sejenisnya. Dalam Sleeping Dog pun sama. Tidak mungkin kan dalam misi menghentikan kapal musuh kok musuhnya dikejar pakai kapal dulu trus naik kekapalnya baru dihajar satu persatu, akan memakan waktu terlalu lama, pastinya akan lebih baik langsung pakai RPG atau minigun kalau punya. Misi sampingan pun terasa repetitif dan membosankan. Karena pada dasarnya menyuruh player melakukan hal yang sama berulang kali keberbagai tempat. Seperti misi menghack mesin berulang kali, atau menangkap pengedar narkoba terus-terusan, tentunya semakin lama akan semakin terasa membosankan. Collectible Item yang harusnya bisa digunakan untuk memperkuat story hanya sebagai alat untuk upgrade skill dan penyebarannya pun secara acak, terkadang beberapa terdapat dalam satu area berdekatan, terkadang satu dengan yang lainnya sangat jauh, ini tentunya sangat disayangkan mengingat potensi yang bisa diperoleh.



Grafis dalam Sleeping Dog tidak usah dipertanyakan. Cantik dan mulus. Yang lebih penting lagi dimainkan dilaptop spek rendahan pun lancar jaya. Dulu saya memainkannya dengan laptop spek Processor 1.5 GHz dual core, AMD berapa lupa, RAM 2 GB gak ada masalah apapun. Berbeda saat saya mencoba Game GTA IV meski sudah diatur grafisnya kepaling rendah pun tetap Gamenya tidak bisa berjalan lancar. Akhirnya GTA IV tidak jadi saya mainkan.



Sound, Music dan Voice. Untuk urusan suara, efek-efeknya sudah bagus, pas dan cocok untuk memicu adrenalin. Music mungkin tidak akan cocok dengan semua orang, namun jika anda suka dengan musik cina dijamin akan suka dengan musik dalam Game ini. Ada beberapa lagu favoritku, saat sedang berkendara selalu tak cari saluran radio yang menyiarkan lagu itu. Lagunya dimainkan Vivian Shu, judulnya saya lupa. Urusan suara sudah memuaskan, tidak ditemukan event ataupun tempat yang berisi orang tanpa suara, tidak ada suara pecah dan sejenisnya.



Kesimpulan :

Kelebihan :
1. Game open-world yang fun mirip dengan GTA.
2. Bersetting di Hongkong dengan dinamic weather dan rendering grafis yang bagus nan cantik.
3. Terdapat sistem keren seperti Martial Art dan Parkour.
4. Lancar dimainkan dalam kompi spek rendah.
5. Jalan cerita yang menarik.
6. Sound, Music dan Voice yang bagus.


Kelemahan :
1. Sistem keren yang kurang dikembangkan.
2. Beberapa misi sampingan yang membosankan.

0 komentar:

Posting Komentar