Selasa, 17 Mei 2016

Review Game PC Dark Soul Prepare To Die Edition

Review Dark Soul Prepare To Die Edition


"Gelap, Seram, Hidup Adalah Perjuangan, Mati Adalah Pembelajaran"

Dark Soul merupakan spiritual suksessor dari Game PlayStation 3 Eksklusif Demon Soul rilis tahun 2009. Dark Soul sendiri diluncurkan tahun 2011 untuk PlayStasion 3 dan XBOX lalu diport ke versi PC beberapa saat setelahnya. Dark Soul adalah Game Aksi RPG yang brutal yang dipenuhi dengan monster menyeramkan yang siap membunuhmu setiap saat. Game ini merupakan Game Hardcore dimana mati adalah hal yang konstan. Bahkan saat masa tutorial pun membutuhkan perjuangan. Hal yang sangat menjanjikan bagi Hardcore maupun Veteran Action RPG. Dark Soul Prepare To Die sendiri merupakan versi remastered dari versi originalnya dengan memberikan beberapa konten baru seperti :
- Beberapa Boss baru yaitu Black Dragon, Sanctuary Guardian, Artorias of the Abyss.
- Online arena dimana ada PVP (Player Vs Player) dan Matchmaking sistem dimana player dapat mengatur ingin membuat battle seperti apa, berapa partisipan, dsb.
- Area baru termasuk kota Oolacile, Oolacile Sanctuary, Royal Wood, dan Battle of Stoicism yang sebenarnya adalah training ground bagi player dalam online pvp.
- Musuh baru seperti Wooden Scarecrows, Chained Prisoner, Stone Knight.
- NPC baru seperti Hawkeye Gough, Elizabeth (penjaga sanctuary).
- Beberapa Senjata dan Armor baru, beberapa diantaranya merupakan Equip dari Boss.

Sama seperti namanya, Dark Soul memiliki setting dunia fantasy yang gelap, atmosfer dan lingkungan yang menakutkan, musuh yang menyeramkan dan terkadang menjijikkan, dan mode online yang unik. Dalam Game ini player dapat dipastikan akan menemui kematian yang tidak terhitung, jebakan yang tidak terhitung jumlahnya, monster-monster yang dapat membunuhmu dalam sekejap, dan para Boss dan Naga yang luar biasa kuat. Pertanyaanya apakah Game yang brutal dan luar biasa susah ini bagus untuk dimainkan? Untuk inilah anda harus membaca review ini terlebih dahulu.


Cerita.
Dalam Game jenis ini, Dungeon Crawler, tidak ada player yang memainkannya karena cerita, dan para developer juga tidak memusatkan pembuatan Game dalam ceritanya. Dalam Dark Soul sendiri ceritanya lumayan simpel. Pada dasarnya player adalah Undead, seorang mayat hidup yang terkutuk terkurung dalam Undead Asylum (semacam penjara Undead) untuk terus hidup sampai akhir dunia. Lalu dengan bantuan ajaib dari seorang Undead traveller lain player dapat bebas dari penjara. Beberapa saat kemudian player bertemu Undead Traveller tersebut, dia berpesan bahwa dia sedang dalam perjalanan pilgrimage untuk membebaskan kutukan. Karena merasa tidak mampu melanjutkan dia menyerahkan sisanya pada player, dan dimulailah perjalanan menghilangkan kutukan. Kurang lebih cerita seperti tersebut dan lanjutan ceritanya hanya pengembangan dari hal tersebut. Overall cerita sangat simpel.

Grafis.
Untuk urusan grafis perlu saya katakan bahwa grafis dalam Game ini sangat bagus, mulai dari desain model karakter dan musuh serta Boss, desain lingkungan dan atmosfer yang cocok menambah tensi seram dan tegang. Effect lighting yang spektakuler, bahkan saya tidak pernah bosan untuk berhenti bermain sejenak dan memutar analog stick untuk melihat lingkungan sekitar, lihat saja setelah player datang ke Undead Purg (kalau tidak salah itu namanya) area pertama sebelum mengaktifkan loncen yang berada diatas gereja. Desain lingkungan yang tidak asal-asalan dimana setiap lingkungan terlihat berbeda dan setiap lingkungan terhubung satu sama lain, jadi meskipun ini bukan Game Open World namun sensasi yang diberikan hampir sama. Juga animasi saat melakukan Killing Blow benar-benar memuaskan, ini terasa seperti melakukan Fatality seperti dalam Mortal Kombat hanya saja ini dalam Game Dark Soul.Namun perlu diperhatikan bahwa versi PC lebih buruk dari versi konsol. Grafis hanya maksimal beresolusi 1024 px x 720 px, meskipun disetting ke 1366 px x 768 px pada dasarnya Game hanya merescale resolusi awal. Hal ini hanya dapat diperbaiki dengan Mod khusus, anda dapat mencarinya sendiri di komunitas Dark Soul. Mungkin hal tersebut tidak terlalu terlihat dan tidak terlalu dipikirkan karena grafis memang bukan segalanya. Namun, hal penting yang harus anda tahu adalah versi PC hanya diclock 30 fps dan terkadang framerate turun antara 12-20 fps. Ini membuat pengalaman bermain benar-benar terganggu. Juga beberapa bug dan glitch yang ada seperti musuh yang terseret hanya akan mengganggu terutama saat berjalan ditempat sempit seperti tebing, apabila saat membunuh musuh ditebing, lalu musuh mati menutup jalan keluar dari tebing, alhasil player menjadi stuck dan jalan satu-satunya keluar hanya bunuh diri, terdapat juga glitch dimana dalam area sebelum melawan monster mirip Nito hanya saja memiliki beberapa topeng, saat player membunuh musuh tepat ditembok, musuh tersebut terlempar memasuki tembok, dan beberapa yang lain.
Gameplay.
Dark Soul mengusung gaya bermain Action Hack & Slash RPG. Player dapat melakukan Normal Attack, Heavy Attack, Defend, Parry Attack musuh, mengganti posisi ke Dual-Wielding untuk damage yang lebih besar (meskipun menggunakan senjata One-Handed), Backstab dan Rolling untuk menghindari serangan musuh, mengubah senjata yang dipakai ditangan kiri dan kanan secara langsung, mengubah item dan sihir yang ingin digunakan setiap saat hanya saja hal-hal tersebut harus diatur terlebih dahulu dalam Menu Screen. Player mendapatkan bonus Damage apabila menyerang dari belakang atau dapat memparry serangan musuh lalu mencounter attack. Player dapat menyerang jarak jauh dengan Crossbow, Bow/panah, ataupun sihir. Hanya perlu diperhatikan, serangan jarak jauh tidak hanya terpengaruh akurasi, namun terdapat gravitasi yang akan membuat serangan melengkung kebawah. Ini hal yang bagus dan membuat Game terasa lebih realistis. Dalam Game ini player harus belajar dari kematiannya untuk melanjutkan perjalanan didunia yang tidak kenal ampun ini.
Hal yang paling penting adalah player tidak harus sendiri, malah apabila memainkan Game ini sendirian akan jelas membuat pengalaman bermain menjadi kurang karena mode online yang unik ini. Dalam Dark Soul Player dapat mensummon spirit/roh dari player lain untuk membantunya dengan menggunakan item khusus secara online. Sayangnya spirit/roh player lain ini akan langsung menghilang setelah mengalahkan Boss (well, player dapat mensummonnya kembali apabila masih memiliki item tersebut). Dalam mode Online player dapat melakukan banyak sekali hal, seperti melakukan invasi maupun diinvasi musuh, melakukan PVP, Deatmacth, bertarung di Arena. Player dapat membunuh player lain untuk mendapatkan soul miliknya, player lain pun dapat melakukan balas dendam dengan menginvasinya kembali. Dalam Dark Soul terdapat item yang dapat membuat PK (Player Kill) dihukum, yaitu saat menggunakannya PK akan ditemui oleh Boss yang pada dasarnya mustahil untuk dikalahkan (kecuali cheating/hacking). Sistem ini benar-benar bagus untuk Game semacam ini, hal tersebut seperti PK akan dihukum oleh aparat hukum.

Sound,Music, dan Voice.
Tidak perlu diragukan dalam aspek ini bahwa sound dan music benar-benar berkualitas. Ini sudah terlihat dari pembuatnya yaitu developer raksasa asal jepang ini, Namco Bandai. Sound saat melakukan Attack, saat senjata memantul dari tembok, sound senjata rusak, sound jebakan yang lewat, semuanya overall memuaskan. Music sendiri benar-benar mendukung atmosfer yang ada. Music intro yang untuk membuat Game terasa gelap dan menyeramkan benar-benar sukses. Music saat melawan Boss membuat sensasi Epic muncul. Voice sendiri bagus dan diaktingkan dengan bagus, lipsinc juga terasa pas dengan animasi model, mungkin hal yang kurang dari aspek script dialog dimana setiap karakter banyak yang memiliki script sama. Ini cukup mengecawakan mengingat tidak banyak karakter dalam Game ini dan tidak banyak pula cerita yang disampaikan. Saya pribadi hanya berharap ada lebih banyak voice dalam Game ini mengingat sedikitnya cerita yang disampaikan, saya paling tidak menginginkan karakter dalam setiap tokoh Game ini lebih dimunculkan. Seperti Knight of the Sun yang hanya sebagai karakter pengenal mode Online. Padahal karakter ini dapat digunakan menjadi salah satu protagonis  penting atau dengan plot twisted menjadi antagonis mengingat background storynya yang berdedikasi dengan Lord Gwinn.

Overall Dark Soul Prepare To Die Edition merupakan pengalaman bermain yang luar biasa. Memang ini bukan untuk semua orang mengingat level brutal yang akan membuat player secara berkali-kali terbunuh. Dengan framerate yang tidak konstan di PC membuat pengalaman bermain terganggu. Namun bila anda mempunyai konsol PS 3 atau XBOX anda harus memiliki Dark Soul. Saya merekomendasikannya untuk para Hardcore dan Veteran RPG, Action Gamer dan Horror Gamer.
Kesimpulan    :
Kelebihan    :
1. Game yang sangat susah, membuat player berusaha keras namun terbayarkan saat berhasil.
2. Atmosfer yang menyeramkan.
3. Gameplay yang memuaskan.
4. Beberapa konten baru.
5. Artstyle yang bagus, kerja bagus untuk para Artist Namco Bandai.
6. Mode Online yang unik.
7. Sound dan Music yang Top.

Kelemahan    :
1. Framerate dropping untuk versi PC.
2. Cerita simpel (saya pribadi tidak menyukainya).
3. Beberapa Bug dan Glitch.

0 komentar:

Posting Komentar