Selasa, 26 April 2016

Review Game PC Deadpool

Review Deadpool


"Joke, Bang Bang Bang, Kill Kill Kill, Finally Boring"

Apakah anda suka Superhero? Mutan? apalagi penggemar Marvel pastinya nama Deadpool sudah tak asing lagi. Superhero hasil experiment mutan mirip Wolferine yang mempunyai kemampuan regenerasi yang sama, hanya saja tidak bisa menumbuhkan cakar besi dari tangannya. Ciri khas yang paling menonjol dari karakter Deadpool sendiri adalah sifat kocak dan komedi dewasanya. Deadpool juga satu-satunya superhero yang saya ketahui tidak pernah melepaskan kostumnya. Hal ini ditunjukan disalah satu cutscene dalam gamenya. Sedikit spoiler saat dimisi awal, saat Deadpool sedang bercermin, meskipun memakai topeng bayangin dicermin muncul menampakkan wajah yang sebenarnya dan itu bukan hal yang keren ataupun enak dilihat.



Dalam game ini, cerita dimulai dari Deadpool yang sedang bermalas-malasan menonton TV. Dari awal cutscene sudah terlihat bila Game Deadpool hanya untuk hiburan komedi dengan dilihatkannya adegan-adegan kocak dan beberapa yang khusus "Adult-only". Plotnya sendiri khas  konflik superhero pada umumnya. Ada pihak jahat, pihak baik berusaha mengalahkan si jahat dan menyelamatkan hari. Sekilas plot dalam Game ini sangat simpel, biasa sekali, bahkan mungkin bisa dianggap jelek melihat konflik yang ada dalam Game dengan genre serupa.



Namun hal ini bisa ditutupi dengan banyak Fun Moment yang ada, ini membuat player memiliki hasrat lebih untuk bermain hanya untuk melihat Fun Joke apalagi yang akan Deadpool berikan. Bahkan untuk saya sekalipun. Padahal saya adalah tipe orang yang tidak bisa menamatkan Game apabila tidak ada story yang bagus untuk membuat player seperti berfikir apa yang akan terjadi selanjutnya atau bagaimana ending dari ceritanya. Namun ini hanya berlaku untuk satu kali. Karena dalam Deadpool, apabila player mati sebelum cutscene, ini berarti harus mengulang cutscene itu lagi. Menurut anda apa tidak membosankan melihat komedi yang sama berkali-kali.



Versi Game Deapool mengusung genre Action Adventure ala God of War dan Devil May Cry. Gameplay sendiri meski tidak WOW, namun tetap fun dan cukup memuaskan. Saat fighting player dapat menyerang dengan weak attack, strong attack dan hold attack yang pada dasarnya menekan tombol attack beberapa saat baru melepaskannya. Dalam fighting pun player dapat secara real time mengganti senjata. Terdapat beberapa jenis senjata dalam Game ini meliputi Gun, Dagger, Sword, Hammer, Granat, Mine, Launcher. Player bisa menggunakan semua senjata tersebut, hanya saja tidak semuanya dimiliki player. Seperti yang bisa dimiliki player hanya Gun, Dagger, Sword, Hammer, dan Granat. Pada awalnya player hanya bisa menggunakan Sword, dengan seiring berjalannya permainan player dapat mengunlock dan mengupgrade berbagai senjata. Untuk senjata yang lain bisa ditemukan dari musuh. Terdapat sistem yang mirip limit break dalam Final Fantasy ataupun Special Attack dalam Devil May Cry, yang dinamakan momentum. Saat momentum semua musuh didekat player akan terpental dan waktu akan di slowmotion. Mungkin terkesan tidak terlalu WOW bila dibandingkan dengan sistem Game diatas.



Momentum sendiri akan terkuras bila digunakan dan akan terisi lagi setelah mengalahkan musuh. Terdapat sistem Teleport dimana player bisa menteleport dirinya ke tempat sekitarnya untuk menyelesaikan puzzle dan mengalahkan musuh. Dalam fighting skill teleport ini akan sangat berguna dan bahkan lebih berguna dari Dodge/menghindar karena teleport ini memindahkan player langung ketempat manapun asal tidak jauh darinya. Satu lagi hal penting yang  perlu dibahas adalah musuh. Musuh di Game ini benar-benar sangat menyebalkan. Model musuh  dalam Game ini digunakan berkali-kali sampai membuat player yang baru menyelesaikan beberapa misi merasa bosan. Apalagi kesan murahan yang membuat musuh spawn secara luar biasa banyak terus menerus dalam satu tempat. Apakah akan terlihat menyenangkan apabila bertarung dengan ratusan musuh yang sama berkali-kali? Namun saya tetap berusaha bersabar dengan apa yang ada untuk melihat bagaimana ending dalam game ini. Dan dalam Final Mission sebelum pertarungan dengan Boss terakhir. Player harus bertarung dengan luar biasa banyak musuh yang pernah dikalahkan sebelumnya, termasuk semua Boss dan tidak cuma 1 atau 2, namun beberapa Boss yang sama berkali-kali. Sungguh tidak adil dengan jumlah musuh yang luar biasa banyak, yang dalam mode Easy sekalipun player tidak mungkin bisa menamatkannya kecuali sudah Full Upgrade atau memakai cheat atau bisa jadi hanya bisa ditamatkan hanya oleh Veteran Action dan Adventure Game. Hal murahan ini membuat saya langsung menutup Game dan menguninstalnya. Apakah tidak sayang padahal hampir mencapai Final Boss dan menamatkan Game? Awalnya saya berfikir begitu, namun sangat merasa tidak mau mencapainya. Jadi untuk menutup rasa penasaran saya, saya mencari di youtube Final Ending dalam Game Deadpool ini dan ternyata cukup mengecewakan. Sistem Achievement sendiri juga tidak terlalu berguna, tidak ada rasa yang membuat player mau membuka Achievement itu sendiri. Dan setelah menamatkan Game ini, Player akan mendapatkan Achievement karena telah menyelesaikan Game dan muncul opsi New Game + yang membuat player bisa memainkan karakter baru dengan berbagai skill dan upgrade dari karakter yang lama. Namun pertanyaan pentingnya adalah, apakah player mau memainkannya lagi? Tidak seperti dalam Final Fantasy VII - Crisis Core dimana ada hasrat mencoba sesuatu yang baru atau mencoba mencari apa yang belum ditemukan atau mengalahkan musuh yang belum bisa dikalahkan karena karakter masih lemah, dalam Game Deadpool ini player tidak akan mendapat hasrat untuk memainkannya lagi. Apakah anda mau menonton komedi yang sama berulang-kali ditempat yang sama dengan gaya perarungan yang sama dan harus berulang-kali membunuh musuh yang sama teru dan terus?



Grafis dalam Deadpool tidak selevel dengan bagus ataupun indah, bisa dibilang Nice. Hal paling penting yang perlu diingat bahwa Deadpool mampu memberikan pengalaman 60 FPS smooth tanpa lag meskipun dengan pengaturan grafis yang di set ke high. Untuk sisi buruknya adalah bukti bahwa tim Developer yang malas. Mereka hanya menggunakan asset dan model yang sama berulang-kali lagi dan lagi, hanya simple copy-paste. Mulai dari karakter dan model musuh yang sama, senjata yang sedikit berbeda, lingkungan dan level linier yang terlihat dicopy dan dipaste dengan posisi yang berbeda agar lingkungannya seolah-olah terlihat berbeda. Barang-barang dalam level pun digunakan
dalam level yang lain. Berikanlah perhatian yang lebih untuk ini tim Developer.



Music terdengar biasa, terkadang ada beberapa level dan event yang tidak memiliki music, hanya sound. Jujur music tidak memuaskan. Namun sound yang ada cukup bagus. Tension yang diberikan saat event badass membuat deg-degan, atau saat dilevel yang cukup menyeramkan dengan sound khas film horror. Overall sound bagus dan saya suka. Sekarang voice, actor dalam Game ini bagus memainkan perannya masing-masing. Voice yang diberikan terlihat editan yang bagus, hanya saja seperti sebelumnya, voice musuh yang digunakan berulang-ulang sangat mengganggu. Beberapa bug dalam voice juga mengganggu seperti pitch yang terkadang langsung berubah total atau suara kemresek sesaat.



Overall menurut saya Game ini tidak cukup berharga untuk anda mainkan. Mungkin hanya akan saya rekomendasikan saja ke Marvel, X-Men atau Superhero Fan. Untuk yang lain lebih baik tetap memainkan Action Adventure yang lain, masih ada banyak Game genre tersebut yang lebih bagus.



Kesimpulan     :
Kelebihan    :
1. Superhero X-Men protagonis dengan kemampuan mirip Wolferine.
2. Cerita, Komedi dan berbagai Cutscene yang Fun dan terkadang Hilarious.
3. Battle yang bagus.
3. Game berjalan 60 FPS smooth meski dengan pengaturan grafis yang tinggi.
4. Sound yang bagus

Kelemahan     :
1. Plot yang simpel dan terlalu biasa.
2. Musuh sama yang digunakan dan direspawn berulang-kali.
3. Asset dan Model yang digunakan berulang-kali membuat level dari awal sampai akhir terkesan sama.
4. Tim Developer yang kurang memperhatikan hasil Game.
5. Level terakhir yang sangat buruk.
6. Ending yang jelek.
7. Kekurangan Musik.
8. Voice yang kurang diperhatikan.

0 komentar:

Posting Komentar