Selasa, 17 Mei 2016

Review Game PC Prototype

Review Prototype


"Hisap penduduk kota dengan kekuatan Super Mutan!!"

Prototype dirilis tahun 2009 oleh Activision Inc untuk PlayStation 3, XBOX 360 dan PC. Prototype adalah Game Open World Action Adventure dimana player menjadi super mutan didunia pasca sejenis Zombie Apocalypse. "Oh yeah!" ini seperti memainkan Game Grant Theft Auto (GTA) dengan dunia dan plot Zombie Apocalypse, pastinya hal seperti ini yang anda rasakan saat pertama kali bermain. Namun apakah kenyataannya Prototype akan menjadi se-excited ini?

Cerita.
Cerita berkisah tentang Alex Mercer, seorang kriminal yang dijadikan salah satu percobaan oleh pemerintah untuk membuat pasukan super (plot yang sama dengan Resident Evil). Namun experiment tersebut memiliki kebocoran dan lolos keluar menyebabkan virus menyebar menginfeksi penduduk sekitar bersamaan dengan para manusia hasil experiment gagal dan telah berubah menjadi monster ikut keluar. Dalam keadaan kacau seperti ini, Alex Mercer ikut keluar dan bersumpah akan mencari tahu dalang dari semua ini, lalu membalaskan dendamnya. Sebagian besar ceritanya berputar dalam plot tersebut. Cerita disampaikan dalam Flashback, player bermula didunia yang sudah dipenuhi Post-Apocalypse mutan terinfeksi dengan semua skill telah termiliki, lalu dimulailah tutorial melawan berbagai musuh yang terlihat kuat namun sebenarnya battle terasa sangat mudah (karena upgrade dan skill Alex semuanya telah dibuka secara default). Lalu setelah tutorial, player berbincang dengan seseorang dan dimulailah Flashback dimana semuanya berawal. Cerita cukup simpel mengingat sangat mirip dengan Resident Evil.

Grafis.
Urusan grafis cukup memuaskan. Memang asset yang diberikan masih kurang. Saat melihat lingkungan sekitar rasanya grafis sangat bagus. Namun saat melihat dari dekat dan melihat objek sekitar dengan seksama, grafis terlihat beresolusi rendah dan kurang dipolish. Model karakter terlihat bagus, hanya saja model ini digunakan berulang-kali. Ini bukan masalah besar mengingat Game ini bergenre Open-World yang memiliki area lumayan luas untuk dieksplorasi. Pencahayaan merupakan pedang bermata dua. Saat pencahayaan berubah menjadi kemerahan didaerah terinfeksi membuat sensasi seram muncul, saya sangat menyukai konsep ini. Namun terkadang pencahayaan terlalu banyak membuat karakter model tidak terlihat, hanya terlihat seperti kumpulan cahaya berkaki. Animasi disajikan dengan memuaskan membuat Battle dan Eksplorasi terasa berharga hanya untuk dilihat. Meski animasi ledakan dan asap terkadang cukup mengganggu pandangan, namun tidak perlu dicemaskan karena tidak terlalu mengganggu battle. Hal yang perlu diingat Game ini berjalan lancar sebanyak 60 fps bahkan dengan laptop spesifikasi rendah sekalipun.

Gameplay.
Sama halnya seperti Game Open-World lainnya, player dapat melakukan misi utama maupun misi sampingan. Misi sampingan dalam Game ini cukup banyak seperti :
- From on High dimana player malakukan terjun bebas dari atas gedung untuk mencapai titik yang ditentukan sedekat mungkin. Mirip dengan dart.
- Strange Bedfellows yaitu player bertarung bersama prajurit untuk membunuh manusia terinfeksi sebanyak mungkin dalam batas waktu tertentu.
- Over Arching Triump pada dasarnya sama dengan From on High.
- Point to Point dimana player harus berlari secepat mungkin dari satu titik ke titik yang lain.
- Street Sweeper yaitu membunuh musuh sebanyak mungkin dengan Active Power yang ditentukan dalam batas waktu tertentu.
- Infected Patrol yaitu menggunakan Armored Vehicle (hanya ada tank) untuk membunuh musuh sebanyak mungkin dalam batas waktu tertentu.
- Base/markas prajurit yang bisa disabotase dan mendapatkan skill baru.
- Hive yaitu menghancurkan gedung sumber infeksi bersama militer.
Misi yang lain pada dasarnya merupakan misi yang sama atau modifikasi dari misi diatas. Player juga dapat mengeksplorasi setiap pojok kota untuk mencari Collectable Item seperti Landmark Collectable (saya tidak yakin apa fungsinya selain menambah point), Hint/petunjuk (juga sama untuk menambah point), player juga dapat mengonsumsi pihak-pihak yang terlibat dalam infeksi yang dinamakan Web of Intrigue untuk menampilan flashback secara sekilas. Overall gameplay standar seperti Game Open-World lainnya seperti GTA dan Assassin's Creed dapat didevelop dengan baik.
Beberapa bug pasti ada dalam Game Open-World dan itu tidak mengganggu sama sekali. Kamera dalam Game ini menurut saya kurang karena terkadang saat player terpojok digedung kamera tidak bisa diputar padahal saat itu tengah terjadi battle yang membuat saya tidak melihat secara penuh musuh dan arah serangannya, hal itu cukup mengganggu. Game ini juga memiliki Invisible Wall/Tembok tidak terlihat yang dibuat dengan sistem baru yaitu membuat satu kota tersebut dikelilingi danau tidak terbatas. Apabila player menjatuhkan diri ke air secara otomatis player akan langsung meloncat keatas kembali kedarat. Player yang tidak bisa berenang ini membatasi eksplorasi dalam Open-World Game. Batasan-batasan lain juga seperti kendaraan yang dapat dinaiki player hanya tank, ini cukup menyedihkan mengingat banyaknya kendaraan dalam Prototype sama halnya dengan GTA. Senjata pun hanya dibatasi dengan Rifle dan Rocket Launcher. Memang senjata dalam Game lebih lemah dari kekuatan player, hanya saja rasanya tetap ada yang kurang mengingat genre Prototype Open-World. Hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan istimewa player. Kekuatan/skill yang Alex miliki sangat keren dan dapat diupgrade dengan beberapa point. Anggap saja seperti bermain GTA dengan battle khas Devil May Cry, cukup keren kan?

Sound, Music dan Voice.
Sound effect dibuat dengan bagus hanya saja penempatan yang kurang bagus. Seperti saat player berlarian keatas gedung sound effect saat berjalan cukup pas namun sound effect pecahan kaca gedung atau sound tembuk yang bergetar tidak cocok karena sound baru dimainkan sesaat setelah player berlarian. Music tidak terlalu banyak namun cukup bagus. Mengingat Game ini Open-World mungkin tim developer lebih mengembangkan hal lain, ini baik-baik saja menurut saya. Voice dalam Game ini berkualitas mengingat Activision merupakan AAA developer.

Overall Prototype merupakan Game yang bagus. Mengesampingkan beberapa kekurangan, Game ini merupakan Game yang adiktif. Apabila anda merupakan Fan dari genre Open-World, Action dan Adventure, dengan plot khas Resident Evil (hanya saja tanpa elemen survival horror) saya benar-benar merekomendasikannya. Apabila anda menyukai Game seperti GTA atau Assassin's Creed, anda harus mencoba memainkan Prototype.

Kesimpulan    :
Kelebihan    :
1. Konsep dan sistem yang menyenangkan.
2. Grafis mulus, animasi keren.
3. Gameplay memuaskan dengan berbagai skill keren.
4. Voice yang bagus

Kelemahan    :
1. Cerita simpel mirip Resident Evil.
2. Sound kurang diperhatikan dan Music yang sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar