Minggu, 01 Mei 2016

Review PC Game Dishonored GOTY

Review Dishonored Game of the Year Edition


"Dimana lagi player bisa membuat musuh dimakan sekumpulan tikus dalam First Person Shooter?"


Game Dishonored memiliki genre Open Stealth Action dalam perspektif orang pertama. Ini berarti dalam Game ini player diharuskan untuk lebih memikirkan cara mengendap-endap, memilih jalur yang tepat, membunuh musuh jika diperlukan hanya saja jangan sampai membuat keributan ataupun membunyikan alarm. Salah satu keistimewaan Game ini dari Game dengan genre sejenis adalah kebebasan dan berbagai aspek kreatif yang bisa dilakukan. Misalnya dalam salah satu misi Player

diharuskan untuk menuju gedung mayor dan melakukan pekerjaan assassin yaitu membunuh. Posisi awal player ada didekat disewer atau saluran pembuangan. Player bisa menuju ketempat misi melalui sewer, atau memutari kota dan mencari jalan aman tanpa penjaga, melawan para penjaga dengan hati-hati dan memperhatikan lingkungan sekitar, atau lari dengan gaya parkor meloncati dari atap gedung satu dengan gedung yang lain.


Hal yang bisa dilakukan tidak terbatas. Bahkan setelah menyelesaikan Gamenya sekalipun nilai replayability nya masih banyak. Ini adalah salah satu Game yang dapat dimainkan berulang-kali setelah ditamatkan. Perlu diingat Game ini juga memiliki multiple atau beberapa ending. Semuanya tergantung dari cara bermain player. Jadi player dapat memainkannya berkali-kali untuk mencoba rute yang lain, mencoba taktik lain, mencoba cara lain melawan musuh, mencoba mencari beberapa item collectible yang unik dan tersebar ditempat yang tidak terduga (Bahkan saya awalnya item tersebut merupaka key item/item kunci yang berhubungan dengan main plot, namun ternyata hanya collectible item. Ini menandakan betapa bagusnya sistem collectible dalam Game ini sehingga tidak dapat dibedakan key item dan collectible item), setelah menamatkannya player juga bisa mengulangi Gamenya lagi untuk mencoba ending yang berbeda atau tetap mendapatkan ending yang sama tergantung dari cara bermain tadi.


Cerita dalam Game berkisah tentang Corvo, karakter utama kita. Diawal permainan diceritakan si Corvo baru saja datang dari entah berantah (tidak diceritakan secara jelas) dan datang ke kota ini karena mendapatkan surat undangan dari saudaranya. Dari sini sisi tutorial muncul. Player diajarkan basic tutorial seperti cara berjalan, berlari, mengintip, dll. Setelah berjalan sebentar Corvo didatangi keponakannya dan diajak bermain petak umpet. Setelah selesai bermain Corvo mendatangi ibunya yang merupakan peimimpin kota (ratunya). Berbicara sebentar dan konflik mulai terjadi. Ratu dibunuh oleh Assassin dan putrinya/keponakan Corvo diculik. Setelah itu para penjaga datang dan mencoba melihat mayat Ratu lalu menangkap Corvo.

Plotnya sudah terlihat kan? Ini pasti ulah dari para pejabat yang menginginkan kekuasaan dan tirani, mencoba membunuh pemimpin negara dan menuduh Corvo sebagai pelakunya, mengeksekusi Corvo didepan umum untuk mendapat kepercayaan rakyat, menculik putri ratu dan mengaku menyelamatkannya demi menambah opini rakyat terhadap rasa bangga dan baik hati. Karena Corvo tidak mau menyerah dan ingin membuktikan ketidakbersalahannya dia mencoba melarikan diri dan kembali untuk balas dendam. Bahkan dalam Trailer Gamenya saha dimunculkan kata-kata "Reveng Solve Everything" yang artinya "Balas Dendam Menyelesaikan Segalanya". Itu sebagian kecil dari ceritanya. Bisa dibilang intronya saja. Dari sini sudah terlihat betapa bagusnya cerita dalam Dishonored. Cerita dewasa, berkisah politik penuh intrik, plot yang rumit, kekejaman tirani, dan kebebasan serta ending yang berbeda membuat cerita dalam Game ini yang Top dan membuat greget!

Game ini merupakan Game brutal dan penuh adegan membunuh penuh darah. Untuk membuat atmosfer yang ada seperti plot, cerita dan konflik yang menjadi lebih hidup dibutuhkan Grafis yang bagus. Perlu saya katakan Grafis dalam Game ini sangat bagus, animasi yang diberikan mengesankan. Misalnya adegan-adegan membunuh seperti saat membunuh dari atas atap, mengeksekusi dengan mengiris leher musuh, meledakkan energy core dari tallboy, ini semua sangat mendetail dan dapat dieksekusi dengan baik. Animasi Lipsink yang pas, model karater yang bagus, lingkungan kota yang sangat bagus, lingkungan thug yang pas untu karakter preman, dan lingkungan sewer yang menyeramkan serta detail air serta animasi saat berenang dan saat berjalan ditempat basah. Untuk membuat animasi sebanyak ini dan lingkungan seindah dan sedetail ini pastinya dibutuhkan waktu lama, biaya yang tidak sedikit, tim yang banyak, dan mega mesin untuk mampu merender Grafis dengan bagus. Ini membuktikan betapa seriusnya developer tim dalam membuat Game Dishonored. Juga Game ini berjalan sangat lancar tanpa lag dengan pc spek pas-pasan dan juga lancar dimainkan dilaptop dengan spek processor dual core 1.5 GHz, VGA AMD Radeon, RAM 2 GB.

Gameplay merupakan aspek utama dalam Game, dan Dihonored benar-benar serius dalam merancang Gameplaynya. Tidak tanggung-tanggung Dishonored menggabungkan beberapa sistem dari Game dengan genre lain. Gameplay campuran dari First Person Shooter + Parkout Platformer (lari dari atap ke atap, menggantung dari gedung satu ke gedung lain, dll) + Puzzle + Open World Adventure (kebebasan dalam ekspolari) + Open World RPG (sistem yang mirip seri Fallout dan The Elder Scroll) + Survival Horror (inventory manajemen, karakter manajemen, lingkungan yang seram, sound dan music effect yang membuat deg-degan serta voice dari orang-orang terjangkit) + dan Stealth Action.
Skill dan Ability dalam Dishonored merupakan Skill dan Ability paling kreatif dan inovatif yang pernah ada. Dimana lagi anda dapat membunuh musuh dengan mengirimkan sekumpulan tikus untuk memakannya? Dimana lagi anda dapat mengendalikan pikiran musuh lalu membuatnya terbunuh dengan menjatuhkan diri sendiri? Dimana lagi anda dapat memperlambat waktu saat hampir ditembak lalu mengendalikan salah satu musuh dan membuatnya menjadi tameng sebelum tertembak? Potensi yang ada tidak terbatas. Perlu saya beritahu musuh yang ada lumayan susah, jadi Game ini bukan untuk Casual Gamer. Meskipun ada Easy Mod apabila melawan musuh yang banyak sekaligus akan tetap menjadi Challenge.

Sound, Music dan Voice. Tidak perlu ditanyakan sound dalam Game ini sangat bagus. Pas dengan lingkungan membuat atmosfer yang ada semakin hidup. Music bagus hanya saja secara pribadi saya menginginkan dalam beberapa misi yang penuh dengan aksi dan adu tembak music yang diberikan lebih greget seperti music rock. Namun overall music sangat bagus. Voice aktor sendiri sudah pas dan lipsink yang ada pas membuat karakter dalam Game terlihat semakin hidup. Hanya saja saya pribadi menginginkan misalnya para penjaga lebih banyak mengobrol saat bertugas, para musuh saling berteriak dan mengirimkan sinyal alarm, dsb yang akan membuat Game semakin hidup, sistem ini mirip seperti Game Thief. Kalau kekurangan ini bisa dihilangkan maka Dishonored merupakan salah satu Game Masterpiece yang pernah dibuat.

Mengesampingkan sedikit kekurangan Game Dishonored merupakan Game yang sangat bagus. Recommended untuk semua tipe Hardcore Gamer. Game Dishonored merupakan salah satu Game terbaik yang pernah saya mainkan dan merupakan The Best Game Stealth Action selain Thief.

Kesimpulan    :
Kelebihan    :
1. Cerita, Konflik, Plot yang menarik dan rumit khusus dewasa.
2. Collectible Item yang berharga.
3. Multiple Ending tergantung dari cara bermain.
4. Grafis yang sangat bagus dan lancar dijalankan dengan PC spek rendah.
5. Gameplay Kreatif dan Inovatif yang merupakan The Best dijamannya.
6. Atmosfer yang ciamik.
7. Sound FX yang bagus.

Kekurangan    :
1. Beberapa aspek yang kurang dikembangkan/diperhatikan (seperti music dan voice).

0 komentar:

Posting Komentar